Hobby dan Satelit TV

Diposting oleh Maxx | 08.19 | | 0 komentar »

Ketika teman-temanku hobby bermain sepakbola, aku malah berhenti bermain. Eh, taunya ganti permainan toh. Yang dimainin gak tanggung-tanggung, parabola. Saking keenakan mainin parabola, berubahlah ia menjadi hobby.

Kalau dulu sewaktu SMP masih belum punya parabola, jadi beraninya cuma diskusi tentang bentuk dan warna parabola saja. Urusan cara tracking channel-channel menarik sama sekali gak kesentuh. Baru setelah duduk di bangku SMK dan punya sebuah parabola dengan sistem receiver satelit tv-nya yang masih analog, tak beranikan juga diri ini mainin arahnya ke sana kemari.

Terobsesi pengen dapat channel-channel menarik "penyegar pandangan", akhirnya hafal letak-letak dari arah satelit yang telah ditracking hingga transponder dari channel-channel yang ada. Tapi, sekarang sudah agak "pikun" dan pelupa, sehingga banyak sekali channel-channel yang gak nyangkut lagi di otak. Tambahan lagi sekarang receiver digital parabola yang sudah punya fasilitas Blindscan (mencari buta) yang bisa menemukan sendiri transponder tanpa perlu menginput satu persatu parameternya.

Belum lagi alat tambahan berupa actuator yang telah terpasang pada tiang dish (parabola) yang semakin memudahkan dalam aktivitas tracking itu sendiri. Everything becomes more easily done just by touching one small button on the remote controller.

Tapi, walau bagaimanapun tracking manual tetap saja diperlukan karena tentunya akan lebih akurat dan maksimal. Nah, yang ini kadang-kadang jarang disadari oleh rekan-rekan hobbiest yang sering tracking televisi satelit. Padahal jika disadari, justeru dengan tracking manual akan lebih banyak pengalaman yang didapat ketimbang "tinggal pencet" si remot kontrol.

Setelah terobsesi dalam tracking satelit, akhirnya ikut-ikutan terobsesi membuat alat-alat tracking sendiri yang berupa aktuator kayu, aktuator tali / rantai, dan lain sebagainya. Semuanya punya tujuan pada satu arah yaitu "menangkap televisi satelit" sebanyak-banyaknya. Jelasnya, kita jadi kreatif ketika suatu tujuan ingin kita capai.

0 komentar

Posting Komentar