Menghitung Jarak 2 Buah LNB

Diposting oleh Maxx | 08.28 | , | 5 komentar »

Kesulitan dalam merakit 2 (dua) buah LNB untuk digunakan sebagai LNB kembar atau ganda adalah menentukan jarak antara kedua LNB tersebut. Selama ini saya pribadi hanya meraba-raba (menerka) jarak tersebut dan tidak pernah menggunakan suatu rumus apapun dalam proses pengukuran. Namun sebenarnya jika kita mau jeli, rumus tersebut ada dan bisa dipraktekkan dalam pembuatan sendiri (manual) LNB Ganda walaupun di pasaran telah tersedia scalar ring jadi bahkan untuk 4 (empat) buah LNB.

Beberapa hari yang lalu rekan-rekan telah mendiskusikan pengukuran jarak ini menggunakan rumus yang pada akhirnya salah satu member forum satelit yaitu Pak Arif (Axels@t aka Axelrose) pun “menelurkan” perhitungan tersebut dalam worksheet berupa file XL. Rumus yang digunakan telah diterapkan dalam pembuatan “hitung-hitungan” sederhana yang dibuat Pak Arif. Insya Allah ke depannya akan kita kembangkan lebih lanjut.

Perhatikan gambar berikut:

Hitungan yang tertera di sini kelihatannya sangat sederhana tapi jika melihat rumus yang digunakan, waduh… lumayan sulit deh. Tapi, dengan bantuan hitung-hitungan ini, alhamdulillah, perhitungan jarak antar LNB jika terpaksa membuat manual “dudukan LNB” ganda ini akan terasa sangat mudah dan saya sendiri sangat terbantu dengan adanya hitung-hitungan ini. Baru saya ingat tentang penyantolan LNB Ku-Band untuk Astro yang pernah kami pasang pada arah utama Satelit Palapa C2 ketika jaman input key masih jaya dulu.

Untuk rekan-rekan yang ingin mendownload aplikasi sederhana menggunakan XL ini, silakan ke thread “SEBUTIR BATU” di Menu Utama Forum Satelit Dot Com.

Selamat Menikmati!

5 komentar

  1. Anonim // 27 Desember 2008 pukul 21.00  

    thank for all sir....

  2. Anonim // 6 April 2009 pukul 04.44  

    saya mau download, tolong kasih alamat filenya, saya kesulitan menemukan filenya. thank

    dandy

  3. adef // 6 April 2009 pukul 09.59  

    ting tong..
    ane mampir bro..

  4. Batam's blog // 13 November 2011 pukul 06.11  

    Salam parabola,

    Silahkan cek juga di sini : http://mufidbtm.blogspot.com/2011/01/rumus-jarak-2-lnb.html

  5. Adam'z Slater // 21 November 2011 pukul 06.15  

    KEMANA KAH GERANGAN SIPEMILIK RUMAH INI??

Posting Komentar